Perbedaan Vsftpd dan Proftpd!

A.PENGERTIAN
Protokol pengiriman berkas (File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pengiriman berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah Antarjaringan.
FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP. Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara server FTP adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP. Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus pengiriman antara biner dan ASCII, menggugah berkas komputer ke server FTP, serta mengunduh berkas dari server FTP.
B.PEMAHAMAN

Proftpd dan vsftpd dua server FTP yang sangat populer untuk sistem Unix / Linux. Meskipun mereka sangat mirip dalam hal fungsi, ada beberapa perbedaan penting.  
  1. Manfaat utama dari proftpd adalah bahwa ia memiliki sebuah file konfigurasi yang sangat mudah dikelola. Sintaks dari proftpd.conf sangat mirip dengan file konfigurasi Apache. Hal ini membuat untuk standarisasi cukup efisien file konfigurasi. Hal ini mudah dikenali karena arsitektur modular.
  2. vsftpd adalah FTP server default untuk Ubuntu, CentOS, Fedora, dan Red Hat. Hal ini membuatnya sangat mudah untuk menginstal dibandingkan dengan proftpd, tetapi tidak hadir semudah dari file konfigurasi. vsftpd juga dilaporkan lebih aman.
Menurut pendapat saya, vsftpd adalah FTP server yang lebih baik. vsftpd lebih mudah untuk menginstal dan dapat melakukan semua yang Anda harapkan dari sebuah daemon FTP dengan tetap menjaga tingkat keamanan yang solid. Pada akhirnya, itu semua bermuara pada preferensi pribadi. Kedua server FTP dapat diandalkan, kuat, dan mereka mendukung FTP melalui SSL. Ketika seorang pengguna FTP dibuat, direktori rumah mereka bertindak sebagai direktori root FTP
Bila Anda terhubung ke server Anda menggunakan FTP client, anda akan dibawa langsung ke / home / (direktori pengguna ftp itu). Hal ini membuat untuk metode cukup aman operasi. Sama seperti dengan distribusi Linux, apa yang benar bagi satu orang belum tentu apa yang benar bagi orang lain. Bekerja dengan apa yang membuat Anda paling nyaman.

C.KESIMPULAN
Setiap FTP yg anda gunakan sama saja bermanfaat semua tetapi walaupun di penjelasan saya lebih ke Vsftpd tapi saya disini menggunakan Proftpd. Semua tergantung dengan selera anda masing-masing. 

Comments

Popular posts from this blog

Mengatasi "nslookup command not found"

Membangun topologi sederhana menggunakan Router Cisco Paket Tracer!