Apa itu Portal? dan Pemahamannya?



A.PENGERTIAN
Portal dimasyarakat sering kali dikenal dengan sebutan plang atau juga biasa diartikan sebagai batasan aturan mobil dijalan seperti portal batas muat angkut truk, atau truk dilarang lewat tetapi di internet portal sering disebut sebagai portal website, dan portal website ini memberikan informasi tentang perusahaan, sekolah, ataupun CV.

B.LATAR BELAKANG
Saya membuat artikel ini karena saya ingin membantu anda yg belum mengetahui tentang portal website, dan disini saya akan menginformasikan jenis dan keuntungan portal website.

C.MANFAAT PORTAL WEB
1. Portal konsumen : portal yang ditujukan kepada konsumen dan secara umum memberikan layanan email gratis, homepage pribadi, sports scores, Instant Messager (IM), chatting, game, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tetapi ada juga beberapa layanan diberikan gratis da nada juga yang harus membayar. Contoh portal consume: Yahoo!, AOL, dan MSN.

2. Portal organisasi : portal yang disediakan oleh lembaga pemerintahan, kependudukan, sekolah maupun universitas, organisasi keagamaan, industry, kelompok social, dan juga politik. Walaupun banyak portal organisasi yang memberikan layanan umum, pengguna pun haurs mendaftarkan diri sebagai anggota untuk mendapatkan layanan yang penuh. Contohnya: situs web kota dan situs web kesehatan.

3. Portal pelanggan : bisnis sering sekali menawarkan jasa online kepada para pelanggan melalui web portal . Seperti portal organisasi, situs web bisnis juga bisa digunakan oleh pengguna umum. Tetapi anggotanya perlu log in terlebih dahulu agar bisa mengakses fasilitas dan jasa. Contohnya adalah jasa online bank yang disediakan oleh institusi keuangan seperti bank ataupun kredit.

4. Portal perusahaan : perusahaan menggunakan portal perusahaan untuk menyediakan tenaga kerja, partner kerja, dan juga akses ke data penting, laporan, aplikasi, dan proses. Informasi bisa berasal dari berbagai macam basis data seperti keuangan, penjualan dan juga pemasaran, serta pada penelitian dan pengembangan. Contohnya seperti : i-login.net.

D.JENIS - JENIS PORTAL WEB
1. Akses data yang dapat dikostumisasi
Portal merupakan alat yang berguna untuk mengakses data khusus. Data yang berasal dari berbagai macam basis data, aplikasi, pengolah data, dokumen, ataupun presentasi dan sering disimpan pada platform perangkat keras.

2. Platform independen
Pengguna (user) bisa mengakses portal melalui berbagai platform (seperti Unix,Windows, atau Machintosh). Syaratnya sendiri yaitu web browser mendukung layanan portal karena portal menggunakan web sebagai jaringannya.

3. Akses tanpa kabel
Pekerja bisa melihat laporan penting yang dikirimkan melalui portal ketika sedang bepergian atau jauh dari komputer. Lalu pekerja dapat pula menerima peringatan seperti ketika ada laporan yang masuk melalui Personal Data Assistance (PDA), pager, atau telepon digital.

4. Pengganti PC perusahaan
Dengan disediakannya akses yang memuaskan ke berbagai informasi bisnis yang saling bersangkutan, portal dapat menggantikan PC karyawan yang banyak digunakan pada perusahaan.

5. Pengaturan dokumen yang mudah
Karena akses data oleh portal dari basis data atau struktur direktori file, pengguna bisa mempublikasikan laporan, basis data, pengolah data, atau dokumen lain dengan mengkopi berkas ke direktori tertentu. Web crawler dapat secara rutin mengecek direktori dan indeks serta membuat penghubung ke dokumen yang baru.

E.REFERENSI
http://www.kakdolop.com/2015/03/jenis-dan-keuntungan-web-portal.html

Comments

Popular posts from this blog

Mengatasi "nslookup command not found"

Perbedaan Vsftpd dan Proftpd!

Membangun topologi sederhana menggunakan Router Cisco Paket Tracer!