Pengertian BASH!

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjLp80lmeAHGyqseRT7dm3KkWlBZjyqfKbOQof8zrZ-x7wLjXYQlcb7fXOdMSkzd3rlHOsHGAXbEuNZn9TpNz1pXYEv0UAPflq4kPGF8pO9OdACbB4bLB1kKKpGsREuN8PjWi4xEOUyPhQ/s728/bash-shellshock.png 

A.PENGERTIAN
Setelah mendengar kata-kata pemrograman bash shell, pasti terbayangkan pemrograman menggunakan terminal yang biasanya digunakan di Linux. Tapi apa kalian tau dengan namanya BASH?
Bash adalah singkatan dari Bourne Again SHell, versi baru dari Bourne Shell yang dikembangkan oleh Steve Bourne.
Pemrograman bash shell itu sendiri adalah pemrograman kumpulan perintah menggunakan script yang ditulis ke dalam bash shell, sehingga nantinya dapat dieksekusi oleh sistem operasi. Selain bash shell, ada banyak shell lainnya yang bisa digunakan untuk programming, namun penggunaan bash lebih fleksibel karena script yang ditulis lebih kompatibel untuk dibaca dari mesin yang berbeda, distro linux yang berbeda , atau bahkan sistem operasi yang berbeda. Pemrograman menggunakan shell terutama bash shell berkembang terus sampai sekarang karena penggunaannya di kalangan system administrator sangat dibutuhkan.
B.MANFAAT
1. Bash shell merupakan shell yang menggabungkan fitur-fitur yang ada di Korn Shell dan C Shell dengan peningkatan fitur-fitur yang cocok untuk programming ataupun penggunaan oleh user secara interaktif. Bash shell menggunakan standard POSIX yang paling umum digunakan dalam pemrograman shell.

2. Bash shell bisa menjalankan hampir semua file .sh (script) tanpa modifikasi terlebih dahulu

3. Syntax dari bash shell programming sederhana dan tidak bertele-tele, sama seperti dengan menggabungkan function-function yang sudah ada di dalam statu file script.

4. Hanya ada sedikit ‘rule’ yang perlu dipelajari untuk menulis program menggunakan bash shell

5. Pemrograman menggunakan shell merupakan salah satu metode untuk prototipe aplikasi yang lebih kompleks lagi.

6. Pemrograman menggunakan shell merupakan pendekatan yang paling mudah dalam hal problem solving, karena masalah yang kompleks dipecah menjadi sub-sub masalah yang lebih mudah dipecahkan.

7. Manfaat yang paling penting untuk system administrator adalah memelihara system dengan command-command yang bisa dijalankan secara otomatis dan berlaku default untuk semua user tanpa user sendiri yang harus mensetting environment dari system.

C.REFERENSI
https://iks32753.wordpress.com/2012/04/03/pemrograman-bash-shell-2/
STEP BY STEP BASH!

Comments

Popular posts from this blog

Mengatasi "nslookup command not found"

Perbedaan Vsftpd dan Proftpd!

Membangun topologi sederhana menggunakan Router Cisco Paket Tracer!